CARA BUDIDAYA LABU AIR


Pernahkah kalian mendengar mengenai buah labu air? Ini ialah sejenis labu yg termasuk lumayan langka untuk ketika kini ini, melainkan pada hakikatnya mempunyai beragam fungsi yg sangat ramah untuk kesehatan tubuh anda. Ini ialah flora labu yg termasuk rajin untuk menghasilkan buah. Tanaman labu air sendiri sebetulnya mempunyai ragam bentuk, ada yg berbentuk lingkaran serta juga lonjong.

Labu air yg berbentuk lingkaran besar tak jarang di juluki dengan labu kendi sedangkan yg berbetuk lonjong panjang di kenal dengan nama labu belonceng. Sebenarnya, tetap tak sedikit yg menanam labu air di pekarangan belakang maupun di samping rumah, khususnya pada tempat pedesaan. Tidak terlalu susah untuk memasarkan labu, sebab tetap tak sedikit peminatnya. Labu ini juga keren untuk memenuhi kebutuhan sayuran sehari – hari serta bahkan untuk di jual di pasaran.

Karena buah labu air ini kaya akan kandungan vitamin B maupun C, jadi tak sedikit masyarakat yg menjadikan labu sebagai bahan obat, tidak hanya dari menjadikannya untuk sayur harian. Banyak pengobatan yg acapkali memakai peranan labu air semacam penyakit tifus serta juga demam. Tanaman labu air juga termasuk tanaman yg mudah tumbuh di beberapa keadaan maupun di beberapa tempat.

Labu air bisa tumbuh subur di dataran rendah, dtaran tinggi, pada ekspresi dominan kemarau maupun ekspresi dominan hujan. Banyak juga para petani yg menanam labu di sawah, serta di biarkan menjalar di pematang sawah. Cara menanam labu air sendiri pun tak jauh tak sama dengan Cara Menanam Labu Kuning serta Cara Menanam Labu Siam.

Selain ialah sayuran harian serta sedikit ulasan fungsi yg telah di jabarkan diatas, labu air ini juga mempunyai segudang fungsi lain untuk kesehatan, semacam berikut :

Mengobati Sariawan serta Panas Dalam
Sifat dingin yg di miliki oleh labu air pastinya akan menurunkan tingkatan panas yg sedikit berlebihan pada tubuh orang-orang yg menderita panas dalam maupun sariawan. Sementara kandungan dari vitamin C yg tersedia di dalam labu air sendiri akan sanggup meningkatkan kekebalan serta daya tahan tubuh, ini pastinya bisa membikin seseorang menghindari beberapa agresi penyakit alias mempercepat kesembuhan.

Memperkuat Tulang
Kandungan kalsium yg tersedia di dalam labu air pastinya akan keren untuk menjaga kesehatan tulang. Bagi para penggemar labu air yg rutin mengkonsumsi labu air dengan cara terpola pastinya akan memperoleh fungsi kesehatan berupa terhindar dari kerapuhan tulang di usia yg makin bertambah.

Menjaga Stamina
Kandungan potasium yg di miliki oleh labu air ialah zat elektrolit yg sanggup menjaga tingkatan kebugaran serta stamina tubuh anda. Labu air ini juga mempunyai kandungan karbohidrat serta protein yg di perlukan oleh tubuh kita, serta ini bisa memenuhi sumber kebutuhan harian mesikipun dalam skala kecil.

Pengobatan Batu Ginjal
Kandungan zat yg di miliki oleh labu air mempunyai kecendrungan untuk menurunkan kadar dari glikogen di dalam ajaran darah. Kelainan pada darah pastinya bisa mengakibatkan beberapa penyakit beresiko semacam batu ginjal, hipertensi serta diabetes. Sementara mineral yg terkandung di dalam labu air di yakini sanggup memecah batu ginjal.


Itulah sekilas fungsi – fungsi kesehatan dari mengkonsumsi labu air. Seperti halnya Cara Menanam Labu, labu air tidaklah terlalu susah di tanam serta di pelihara. Tertarik untuk mencoba menanamnya? Yuk baca Cara Menanam Labu Air sebagai berikut ini :

1.Persiapan Lahan Tanam
Seperti yg di perbuat para petani dalam Cara Menanam Gambas, kalian terlebih dahulu wajib menyiapkan lahan untuk tempat penanaman dari bibit labu air tersebut. Walaupun kalian mungkin tak mempunyai lahan yg luas alias mengalami keterbatasan lahan, kalian tetap bisa mencoba menanam labu air memakai pot alias  wadah lainnya yg pastinya tak memperlukan tempat yg luas.

Jika kalian memakai pot, jadi kalian wajib membikin tongkat alias penyangga, supaya tanaman labu air bisa tumbuh dengan baik, sebab ini ialah tanaman yg merambat. Tapi apabila kalian ialah pemilik pekarangan rumah yg lumayan luas jadi jadikanlah halaman kalian sebagai lahan untuk bercocok tanam labu air tersebut. Untuk persiapan lahan, jadi galilah lahan tersebut serta gemburkan tanahnya, campurkan dengan pupuk kompos serta diamkan galian tanah tersebut sampai lebih tak lebih 6 hari.

2.Penanaman Bibit Labu Air
Tidak terlalu susah terbukti untuk mencari bubut labu air di pasaran. Sekarang telah tak sedikit bibit – bibit kemasan yg di jual dengan harga terjangkau. Untuk proses penanamannya sendiri kalian bisa eksklusif menanam bibit labu air ke dalam lahan yg telah di siapkan sebelumnya, alias menumbuhkan bibit tersebut terlebih dahulu.

Untuk metode penumbuhan bibit di media semai tidaklah memerlukan perlakuan khusus.
Menumbuhkan bibit labu air pasti tak sesulit Cara Menanam Kurma, sebab labu air termasuk tanaman yg mudah di semaikan.

Rendam saja terlebih dahulu bibit labu air serta kemudian letakkan di dalam tisu basah yg telah ditutup rapat, supaya kelembabannya terjaga, alias gunakan media campuran tanah humus serta pupuk.

Tunggu sampai bibit mulai tumbuh serta mengalami pertumbuhan daun.
Setelah di rasa lumayan jadi kalian bisa memindahkan bibit ke lahan tanam.
Setelah lahan yg di siapkan selagi tak lebih lebih 6 hari tersebut di siapkan jadi tanamlah 2 bibit per lobang.

Kemudian taburi abu dapur alias sekam dibagian lapisan atas penanaman bibit.
Lakukan faktor ini sampai bibit labu air tumbuh sampai sekitar 30 cm, ini di gunakan untuk mengindari agresi hama semacam cacing serta juga bekicot.

3. Proses Peraawatan Labu Air 

Walaupun pemeliharaan bibit labu air tak terlalu sulit, melainkan sebaiknya kalian juga menyiapkan para – para. Tahukah kalian bahwa labu air akan merambat? Jadi melakukan persiapan penyangga atu yg biasa di namai para – para ialah suatu solusi cerdas. Para – para yg akan kalian buat pastinya akan di sesuaikan dengan bibit serta ukuran lahan.

Buatlah para – para dengan ketinggian tak lebih lebih 220 cm, serta dibagian atas kalian bisa meletakkan anyaman bambu.
Para – para ini akan sangat bermanfaat ketika bibit labu air mulai berkembang serta tumbuh sebagai media rambatannya. Lakukan penyemprotan dengan beberapa bahan organik maupun bahan kimia pengusir hama apabila flora labu air kalian terserang beberapa macam hama. Bersihkanlah tahap bawah dari beberapa rumput liar yg bisa menggangu tingkat kesuburan serta perkembangan dari bibit labu air anda. Pastikan kalian merawatnya dengan pemberian lumayan air per harinya.

4. Pemupukan
Tumbuhan labu air ini bukanlah flora yg termasuk “rewel” dalam faktor pemupukan. Jadi kalian tak butuh terlalu khawatir akan proses pemupukan di lahan anda. Kalian bisa saja memakai pupuk kandang, organik maupun pupuk urea alias bahkan campuran dari beberapa tipe pupuk.

5. Proses Panen
Setelah bibit labu air merambat serta berbuah, jadi kalian telah bisa memanennya. Labu air termasuk tipe tanaman yg mudah serta cepat untuk berbuah, jangan terlalu lama dalam melakukan pengambilan buah. Karena buah labu air yg terlalu masak akan mengeras kulitnya serta buah alias isinya pun akan terlalu berserat sampai tak enak lagi untuk di olah serta di jadikan sebagai bahan makanan.

Namun buah labu air yg tetap segar sangat baik untuk kesehatan serta pastinya sangat lezat bila di olah. Labu air akan kembali berbuntut dalam kurun waktu yg realtif singkat. Kalian hanya butuh memastikan tak ada hama alias penyakit yg menyerang tanaman labu air anda.

Demikianlah tutorial menanam labu air yg mudah untuk di lakukan. Pada dasarnya labu air ialah tanaman yg di kategorikan mudah untuk di tanam serta juga di pelihara, hanya saja terkadang ada kendala semacam agresi hama serta beberapa penyakit yg bisa menyebabkan kerusakan serta bahkan kegagalan panen.

Jenis Hama Pada Labu Air

Untuk melakukan perbuatan pencegahan kalian pastinya wajib tau penyakit alias gangguan apa saja yg tak jarang menyerang labu air, berikut penjabarannya :

1. Hama Busuk Daun
Walaupun keadaan ini tak terlalu tak jarang terjadi serta menyerang labu air, melainkan tetap ada laporan permasalahan mengenai adanya agresi hama basi daun pada labu air. Jika menyerang tanaman labu air, tipe hama yg satu ini terbukti agak susah untuk di kendalikan, melainkan dengan mengendalikan sumber dari penyebaran infeksi. Maka telah di pastikan bahwa hama ini tak akan kembali lagi untuk menggangu buah labu air yg lainnya.

Ciri – ciri labu air yg terjangkit alias terkena infeksi hama basi daun ialah :

adanya cendawan alias parang di tahap bawah permukaan daun, adanya bercak – bercak berwarna kekuningan serta perubahan warna bulu halus daun.
Hama ini akan menyebabkan akibat panen yg tak optimal sampai kematian dari tanaman labu air.
Lakukan penyemprotan fungisida serta pembersihan menyeluruh pada tanaman yg terinfeksi.

2. Hama Embun Tepung
Tanda – tanda yg terkesan ketika labu air terkena agresi hama ini ialah adanya lapisan tipis menyerupai tepung pada permukaan batang serta juga daunnya. lama kelamaan bercak putih tipis tersebut akan mengering serta menebal sampai menyebabkan kematian pada dedaunan belia tanaman labu air serta akan menular terhadap tanaman yg lainnnya apabila mereka berdekatan.

Buah labu air yg mengalami matang dini juga ialah salah satu tanda dari agresi hama embun tepung ini. Pertumbuhan akan menjadi terhambat serta tanaman labu air akan menjadi sangat lemah. Lakukan penyemprotan peptisida untuk langkah penyembuhan melainkan cabut saja flora labu air yg telah mengalami infeksi parah supaya tak melakukan penyebaran ke tanaman yg lainnya.

3. Hama Antraknosa
Jika kalian menemukan tanda bercak coklat di sepanjang tulang daun , dengan pola agak lingkaran serta bersudut – sudut, jadi ini ialah tanda dari tanaman labu air kalian terserang hama antraknosa. Lama – kelamaan bercak – bercak tersebut akan menyatu serta berkumpul menutupi daun serta menyebabkan kematian daun. Bercak ini juga akan di jumpai dibagian buah serta menyebabkan kerusakan pada buah.

Ini terjadi ketika lahan yg di gunakan untuk media ialah lahan yg terlalu lembab. Penyemprotan dengan fungisida bisa menghentikan penyebaran dari hama ini.

Jadi, itulah tutorial menanam labu air untuk pemula, mudah serta bisa dilakukan perkarangan rumah. Selamat Bercocok Tanam!

0 Response to "CARA BUDIDAYA LABU AIR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel