CARA BUDIDAYA ZUCCHINI

Persiapan untuk Menanam Zucchini

1. Tentukan bagaimana Kalian akan memulai penanaman zucchini. Ada dua tutorial pembudidayaan tanaman zucchini yg biasa dilakukan, yaitu dengan menanam benih/biji alias membeli bibit tanaman zucchini lalu menanamnya di kebun. Jika Kalian memilih untuk menumbuhkan biji zucchini, Kalian wajib mulai melakukan pembenihan kurang lebih 4-6 minggu sebelum waktu tanam di luar ruang sesuai lingkungan alias lokasi tempat tinggal Anda. Membeli tanaman pra-pot rutin lebih mudah serta menghemat waktu, melainkan mungkin tak memenuhi andalan apabila tanaman zucchini yg Kalian inginkan merupakan yg bersumber dari biji.

Ada berbagai tipe zucchini, melainkan sebetulnya tipe labu ini umumnya sama. Kalian mungkin menemukan zucchini yg diklasifikasikan menurut kebiasaan alias tutorial pertumbuhan daun-daunnya (menjalar/merambat alias semacam semak), yaitu ‘tanaman terbuka’ (tumbuh tegak serta batangnya berkayu tapi jarang hingga tak sedikit udara masuk) alias ‘tanaman padat’ (tumbuh tegak, batang banyak, berdekatan serta padat cenderung menyemak).

Kebanyakan varietas zucchini yg merambat (seperti anggur) dianggap sebagai labu ekspresi dominan panas, sementara varietas yg menyemak disebut labu ekspresi dominan dingin.
Secara alami, warna zucchini bervariasi antara kuning alias kekuningan serta hijau gelap mendekati hitam. Beberapa di antaranya mempunyai garis-garis alias bintik-bintik sangat tipis. Tampilan tersebut normal serta tak butuh dikhawatirkan.

2. Ketahui kapan waktu tanam yg tepat. Zucchini biasanya dianggap sebagai labu ekspresi dominan panas, sebab tanaman ini tumbuh subur serta menghasilkan buah terbaiknya pada ekspresi dominan panas. Beberapa varietas dianggap sebagai labu ekspresi dominan dingin, tetapi ini lebih berkaitan dengan waktu berbuntut daripada waktu tanam. Zucchini menyukai tak sedikit matahari serta tak akan tumbuh baik pada tanah dingin. Oleh sebab itu, tanamlah zucchini ketika temperatur tanah di luar minimal kurang lebih 13°C. Di wilayah dengan ekspresi dominan dingin, keadaan tersebut tercapai pada minggu pertama alias kedua ekspresi dominan semi, seusai tak ada salju.

Jika Kalian tak yakin kapan wajib menanam, coba hubungi penyuluh pertanian setempat untuk memperoleh info lebih terang tentang waktu tanam zucchini yg cocok untuk kawasan Anda.

3. Temukan lokasi penanaman yg sempurna. Zucchini akan tumbuh subur di area yg memperoleh matahari penuh dengan lumayan ruang untuk menyebar. Temukan lokasi di kebun Anda, di mana tanaman zucchini mampu memperoleh sinar matahari penuh minimal 6-10 jam per hari serta yg tak terlalu tak sedikit pembayangan. Pastikan untuk memilih bidang tanah yg mempunyai drainase bagus; zucchini menyukai tanah lembab/basah, tetapi bukan yg terendam air.

Apabila tanah tak mempunyai drainase yg keren jadi butuh diolah supaya kondisinya sesuai dengan kebutuhan tanaman, khususnya apabila Kalian tak mempunyai lokasi lain yg lebih baik.

Hindari menanam zucchini pada segi utara kebun, sebab lokasi tersebut cenderung hanya mendapat sedikit sinar matahari.

4. Siapkan tanah yg akan ditanami. Meskipun tak setiap orang-orang mempunyai waktu, melainkan sebaiknya Kalian mempersiapkan tanah berbagai bulan sebelumnya untuk menyediakan keadaan pertumbuhan yg paling baik untuk benih/bibit zucchini. Mulailah dengan mencampur mulsa serta pupuk, untuk menyuplai tanah dengan nutrisi yg diperlukan. Lakan pengecekan tingkat keasaman (pH) tanah serta perbuat pengolahan apabila diperlukan. Tanaman zukini lebih menyukai lingkungan tanah dengan pH antara 6 hingga 7,5. Untuk membikin tanah menjadi lebih asam (pH lebih rendah), campurlah tanah dengan peat moss (gambut dari lumut-lumutan, mampu dibeli di sentra pertamanan) serta dedaunan dari tanaman berdaun jarum (pinus, dll.). Sebaliknya, untuk membikin tanah menjadi lebih basa (pH lebih tinggi) campurlah tanah dengan kapur.
Jika Kalian bisa, campurkan kompos ke dalam tanah dengan cara rutin setiap bulan; tutorial ini akan menolong tanah memperoleh nutrisi lebih lengkap.
Jika tanah yg Kalian pilih tak mempunyai drainase yg bagus, campurkan ke dalamnya sejumlah pasir untuk menolong mendorong terjadinya drainase air.

5. Mulai menanam zucchini dari bijinya. Jika Kalian tak mau mengambil risiko menyebar biji zucchini pribadi ke tanah, Kalian mampu mulai menanamnya di dalam ruang 4-6 minggu sebelumnya, serta baru kemudian menanamnya di kebun. Siapkan suatu nampan untuk benih, campuran media tanam dengan sedikit tanah, serta sejumlah biji zukini. Tempatkan biji zucchini lalu tutup dengan campuran media tanam pot kira-kira setebal 0,3 cm, serta siramlah dengan benar! Letakkan di area yg yang mendapat sinar matahari penuh serta engan temperatur minimal 16°C. Ketika daun kedua sudah muncul, zucchini siap ditanam di ruang luar.


Menanam Zucchini

1. Siapkan bidang tanah yg akan ditanam. Gunakan sekop untuk menggali celah kecil untuk menanam zucchini Anda. Jika Kalian hendak menanam biji, Kalian butuh memasukkan setiap biji zucchini ke celah pada kedalaman tak lebih dari 1,27 cm. Untuk bibit zucchini, gali setiap celah sedikit lebih besar dari bola akar tanaman. Berikan jarak antartanaman kurang lebih 75-100 cm (jarak yg sama untuk antarbaris). Jika perlu, Kalian juga mampu menjarangkan semaian biji.

2. Tanamlah benih/bibit zucchini. Masukkan benih zucchini, masing-masing ke dalam satu lubang. Tutup celah tersebut dengan tanah setebal ¼ alias ½ inci (± 0,6 alias 1,27 cm), jadi benih tersebut tetap mampu memperoleh sinar matahari serta air yg  diharapkan untuk berkecambah. Tutuplah bibit tanaman zucchini dengan tanah secukupnya untuk melindungi akarnya tanpa mencapai batang. Akhiri proses penanaman dengan menyiram zucchini dengan lumayan tak sedikit air!

3. Pelihara tanaman zucchini dengan baik. Perhatikan tanaman zucchini Kalian ketika mulai tumbuh. Meski termasuk tanaman yg rendah pemeliharaan, tetapi zucchini menuntut sedikit perawatan supaya tetap dalam keadaan produktif. Bersihkan setiap gulma alias rumput liar dari lokasi penanaman. Jika gulma terus-menerus jadi masalah, lapisi permukaan tanah dengan mulsa. Untuk menolong menambah pertumbuhan zucchini, tambahkan pupuk pertumbuhan cair setiap 3-4 minggu sekali. Potonglah batang alias buah yg sakit ataupun kering untuk mencegah penyebaran penyakit ke tahap lain tanaman sekaligus untuk menambah pertumbuhan

4. Tingkatkan pertumbuhan. Agar tanaman zucchini menghasilkan buah, diharapkan adanya penyerbukan. Jika di lingkungan Kalian tak ada lebah alias serangga lain yg mampu menolong penyerbukan, alias tanaman zucchini Kalian tampak tak menghasilkan buah, Kalian mampu melakukan penyerbukan sendiri. Ambil bunga jantan zucchini, yg diidentifikasikan dengan tangkai panjang, batang ramping serta terkesan adanya benang sari di tahap tengahnya. Dengan hati-hati tariklah bunga pada tangkai serta gosokkan benang sari ke dalam bunga betina. Bunga betina mempunyai tangkai pendek, pertumbuhannya lingkaran memenuhi tangkai serta benang sarinya tak banyak.
Anda mampu melakukannya pada berbagai alias tak sedikit bunga tergantung pada waktu yg Kalian miliki serta pertumbuhan (terutama pembuahan) yg akan Kalian coba tingkatkan.

5. Panenlah buah zucchini Anda. Saat panjangnya sudah mencapai minimal kurang lebih 11 cm, buah zucchini siap untuk dipetik. Petiklah zucchini dengan cara teratur untuk memicunya lebih tak sedikit berbuah. Oleh sebab itu, apabila Kalian ingin tanaman zucchini Kalian berbuntut lebat, petiklah semua zucchini yg sudah matang alias siap dipetik. Jika Kalian tak memerlukan terlalu tak sedikit labu tersebut, tinggalkan satu alias dua buah zucchini tergantung pada tanaman untuk dengan cara keseluruhan pertumbuhan untuk memperlampat produksi buah. Saat memanen, gunakanlah pisau yg tajam untuk memotong zucchini dari batang kasar yg menempel pada semak.
Nikmati bunga zucchini dalam salad. Bunga zucchini enak dimakan, melainkan apabila Kalian tak memetiknya jadi akan tak sedikit buah zucchini yg akan dihasilkan.
Tanaman zucchini akan semakin tumbuh. Di negara empat musim, zucchini akan tumbuh hingga jatuhnya salju pertama apabila tanaman tersebut tumbuh baik selagi ekspresi dominan semi.
Anda mampu memotong tangkai zucchini untuk menambah pertumbuhannya, apabila Kalian belum ingin memanen semua buah zucchini yg ada.

Tips

Zucchini kuning serta hijau mempunyai rasa yg sama, tetapi zucchini kuning lebih mudah terkesan (saat hendak memanen) apabila Kalian menanamnya lumayan banyak!  !
Zucchini merupakan bahan kuliner yg dahsyat, mampu ditambahkan ke dalam saus pasta, serta dimasukkan ke dalam sup. Zucchini juga mampu dipakai sebagai campuran salad, alias diparut untuk membikin "Pasta zucchini".

Peringatan

Hama zucchini termasuk berkut ini: kutu putih (whitefly), kutu daun (aphids), tungau laba-laba (spider mites), nematode (sejenis cacing), lumut, jamur, serta virus.
Jika tanaman zucchini tak berbuntut dengan tepat, kemungkinan dikarenakan penyerbukan bunga betina yg tak lebih memadai. Kalian mampu membuang bunga jantan serta melakukan penyerbukan pada bunga betina mengunakan tangan untuk memastikan proses berjalan tanpa masalah.

Hal yg Kalian Butuhkan

Biji/benih zucchini
Alat-alat untuk menggali
Area kebun yg cocok

0 Response to "CARA BUDIDAYA ZUCCHINI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel