CARA BUDIDAYA LABU SIAM


Cara menanam labu siam tidaklah terlalu susah sebab labu siam artinya tanaman dengan daya tahan nasib yg tinggi. Labu siam mampu ditanam didataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini masuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Ia tumbuh dengan tutorial merambat sebagaimana tanaman labu lainnya. Bagian tanaman ini yg mampu dimakan ialah buah serta pucuk mudanya jadi labu siam biasanya diolah menjadi sayuran

Kadungan nutrisi dalam labu siam benar-benar tak sedikit diantaranya vitamin C, vitamin b Kompleks, Asam folat, fosfor, zat bes, seng, mangan serta tembaga. Dengan kandungan sedemikian itu jadi mengkonsumsi labu siam akan menawarkan fungsi terhadap kita diantaranya menjaga kadar kolesterol, menjaga kesehatan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, anti kanker serta penuaan dini serta keren untuk kehamilan.

Karena mampu dijadukan sayur serta menu makanan sehat, jadi buah labu siam mempunyai nilai hemat untuk dijual. Oleh sebab itu menanam labu siam mampu menawarkan keuntungan terhadap kita. Agar memperoleh yg akan terjadi yg optimal ketika memanen tanaman labu siam, jadi kita wajib mengerti bagaimana tutorial menanam labu siam yg baik serta benar. Pada artikel hari ini saya akan membahas tentang tutorial menanam labu siam.


Ada beberapa langkah yg wajib kalian kerjakan supaya mampu mencapai yg akan terjadi yg optimal dalam budidaya tanaman labu siam, jadi inilah panduan lengkap tutorial menanam labu siam:

1. Persiapan Lahan
Pertama-tama kita wajib memilih lahan tanam yg baik supaya kelak pertumbuhan tanaman pun normal serta sehat. Lahan yg baik untuk menanam labu siam wajib memenuhi beberapa kriteria berikut ini :

  • Terpapar sinar matahari minimal 8 jam dalam sehari
  • Memiliki kandungan unsur hara yg cukup
  • Dekat dengan sumber air
  • Carilah lahan yg memenuhi kriteria semacam di atas kemudian apabila telah ditemukan jadi perbuat pembersihan dari tanaman pengganggu. Setelah itu jadi mampu dilanjutkan ke langkah tutorial menanam labu siam yg selanjutnya.


2. Penggemburan Tanah
Cara menanam labu siam yg selanjutnya ialah melakukan penggemburan tanah. Agar akar tanaman labu siam kelak mampu tumbuh menyebar serta mudah menyerap nutrisi dalam tanah jadi kita wajib memastikan keadaan tanah pada area perakarannya telah gembur. Selain itu menggemburkan tanah juga akan meratakan kandungan unsur hara didalam tanah. Kita mampu memakai cangkul atau mesin bajak  untuk menggemburkan tanahnya. Setelah berakhir jadi lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Pemberian Pupuk Dasar
Pemberian pupuk dasar berfungsi untuk meningkatkan suplai kandungan nutrisi dalam tanah selagi tanaman labu siam nasib dilahan tersebut. Pupuk dasar yg dipakai sebaiknya ialah pupuk kandang. Namun kalian mampu memanfaatkan pupuk organik lainnya. Selain itu kalian mampu menambahkan pupuk NPK apabila menanam di demam isu kemarau. Berikut artinya langkah-langkah pemberian pupuk dasar :

  • Tanah yg telah digemburkan tadi kemudian dibentuk alur-alur tanam (bedengan) dengan bagian tengahnya dibangun celah memanjang sepanjang alur tanam.
  • Siapkan pupuk kandangnya lalu taburkan disepanjang celah alur tanam
  • Tebarkan pupuk NPK 15-15-15 diatasnya dengan tipis saja. (Jangan memberi pupuk NPK terlalu banyak)
  • Campur pupuk sangkar serta NPK memakai cangkul supaya merata dengan tanah
  • Tutup kembali celah serta bentuk bedengan dengan baik.
  • Setelah pupuk ditutup tanah jadi lanjut ke bagian persiapan bedengan


4. Persiapan Bedengan
Tinggi bedengan artinya sekitar 10-20 cm dengan lebar antara 40-60 cm.

Bedengan yg telah ada kemudian wajib segera dilapisi plastik mulsa supaya mengurangi penguapan air serta mencegah tumbuhnya gulma (rumput liar) yg mampu mencuri nutrisi dalam tanah bedengan.

5. Persiapan Benih
Setelah bedengan siap jadi tutorial menanam labu siam yg selanjutnya ialah dengan mempersiapkan benihnya. Tanaman labu siam dibudidayakan dengan cara generatif, artinya ia di bibit melewati bijinya. Urutan persiapan Benihnya ialah sebagai berikut :

Pemilihan Biji Labu Siam

Hal-hal yg wajib dilakukan :

  • Pilih biji dari buah labu yg telah matang atau bahkan hampir busuk. Usahakan buah labu yg normal serta berkapasitas besar.
  • Cuci bersih biji labu siam kemudian jemur diterik matahari tak lebih lebih 3 jam
  • Setelah kering biji mampu disimpan pada wadah di kawasan yg sejuk serta teduh.
  • Penanaman Biji Pada Polybag

Langkah-langkah untuk menanam biji pada polybag artinya sebagai berikut:

  • Siapkan tanah humus kemudian ayak supaya leluasa dari kerikil
  • Masukkan tanah yg telah diayak kedalam plastik polybag kecil serta tata pada sebuah wadah
  • Siram tanah dalam polibag sebelum ditanami biji labu siam kemudian dibangun celah seukuran biji labu siam dengan kedalaman sekitar 1 cm.
  • Masukkan biji kedalam polibag serta tutup dengan taburan tanah tipis diatasnya
  • Setelah itu polybag ditempatkan pada lokasi yg sejuk serta terhindar dari sinar matahari langsung
  • Perawatan Benih

Setelah benih tanaman labu siam tumbuh, jadi selanjutnya dilakukan perawatan sebagai berikut :

  • Pindah polybag ketempat yg terkena sinar matahari pribadi supaya batang tanaman kuat
  • Lakukan penyiraman pada benih 1-2 kali sehari
  • Gunakan campuran pupuk organik cair ketika menyiram supaya benih tumbuh subur serta cepat besar
  • Setelah 1 minggu benih telah siap dipindahkan ke bedengan. Ciri terutama ialah timbul daun ketiga


6. Penanaman Bibit Labu Siam Pada Bedengan
Setelah bibit labu siam berumur satu minggu atau lebih jadi pindahkan bibit ke bedengan. Perhatikan faktor – faktor penting berikut ini dalam tutorial menanam labu siam yg baik serta benar:

  • Sirami bedengan supaya basah terlebih dahulu
  • Buat celah tanam pada plastik mulsa bedengan dengan kedalaman sekitar 10 cm
  • Sirami celah dengan insektisida serta fungisida supaya menghindari agresi serangga serta jamur pada akar
  • Lakukan pemindahan bibit pada sore hari untuk menghindari tanaman layu diterik siang
  • Usahakan penanaman bibit berakhir daa  satu waktu
  • Lakukan penyulaman selagi lima hari pertama. Segera ganti bibit yg mati atau yg pertumbuhannya tak normal. Tujuan penyulaman ialah untuk menyamakan pertumbuhan tanaman supaya merata.
  • Setelah lima hari pertama jadi penyulaman mampu dihentikan serta lanjut ke perawatan tanaman


7. Perawatan Tanaman Labu Siam

Langkah selanjutnya dalam tutorial menanam labu siam ialah perawatan tanaman. Perawatan tanaman labu siam terdiri dari beberapa kegiatan sebagaimana berikut ini :
Penyiraman
Penyiraman dilakukan dengan cara terpola guna menjaga suplai air bagi tanaman. Pada masa-masa awal (1 bulan pertama) penyiraman mampu dilakukan 7 hari sekali atau menyesuaikan cuaca. Jika tanaman terus dewasa jadi intervalnya wajib terus dekat yaitu mampu sekitar 4 hari sekali terutama kelak ketika telah berbuah. Hal-hal penting yg wajib dilakukan :

  • Lakukan penyiraman pada pagi hari, Jangan melakukan penyiraman lagi apabila tanah tetap sangat basah misal sebab terguyur hujan, Gunakan mesin pompa untuk mengalirkan air disela-sela bedengan supaya proses penyiraman lebih cepat
  • Pemupukan Susulan, Pemupukan susulan dipakai untuk memaacu pertumbuhan tanaman atau meningkatkan nutrisi tanah seusai panen labu siam. Pemupukan susulan mampu dilakukan dibagian akar maupun daun tanaman. Pada bagian akar jadi gunakan larutan NPK 15-15-15 dengan air (setiap 35 Liter air mampu dilarutkan satu gelas NPK 15-5-15). Kocorkan dibagian akar dengan interval 10 hari semenjak hari pertama bibit ditanam ke bedengan.
  • Pemupukan pada daun dilakukan dengan bantuan sprayer (alat semprot) yaitu dengan menambahkan pupuk organik cair dengan dosis sesuai keterangan pada kemasannya. Lakukan dengan interval 7-10 hari sekali. Hal penting yg wajib diperhatikan artinya mengamati keadaan tanaman. Biasanya pada demam isu hujan tanaman akan tumbuh subur sebab air hujan mengandung tak sedikit nitrogen. Untuk itu penggunaan pupuk susulan mampu dihemat atau dikurangi apabila tanaman telah terkesan subur.
  • Pemberian Ajir Untuk Rambatan, Tanaman labu siam termasuk tanaman merambat dengan buah tergantung. Maka dari itu kita butuh menawarkan ajir bagi tanaman yg telah berumur sekitar 2 minggu seusai tanam. Ajir mampu dibangun memakai bambu atau kayu yg disusun sedemikian rupa serta dihungkan dengan jaring tali supaya area rambat tanaman labu siam terus luas. Buah yg dihasilkan pun akan dalam keadaan tepat serta tak mudah basi ketimbang pada tanaman labu yg dibiarkan menjalar di tanah


8. Cara Panen Labu Siam
Labu siam mampu mulai dipanen seusai tanaman berumur 120 hari (4 bulan).  Buah labu siam yg dipanen artinya buah yg lumayan besar serta tua tetapi belum hingga matang. Karena labu siam tak sedikit dijadikan sayur bukan jus jadi yg dipakai artinya buah yg belum matang. Dalam memanen buah labu siam ada beberapa faktor penting yg wajib kalian ketahui:

  • Panen Setelah Penyiraman. Lakukan panen buah labu siam selang 1-2 hari seusai penyiraman. Hal ini berfungsi supaya buah yg dihasilkan mempunyai kadar air yg tinggi jadi buah akan lebih berat ketika ditimbang. Ini akan menawarkan keuntungan pada kita
  • Lakukan Panen Pada Pagi Hari. Ini supaya menjaga kadar air dari buah yg dipetik. Selain itu luka pada tangkai akan cepat kering. Hindari mengawali panen pada terik siang sebab kadar air buahnya telah menyusut.
  • Panen Setiap 2 atau 3 Hari. Jangan terlalu lama interval panennya sebab kelak akan ada buah yg terlalu matang serta rasanya jadi tak lebih enak untuk disayur. Lakukan panen pada interval 2 hingga 3 hari saja.

Demikianlah tutorial memanen buah labu siam yg benar supaya didapat yg akan terjadi yg optimal. Tentunya melakukan tutorial panen yag benar berfungsi demi mendapat keuntungan yg lebih tak sedikit lagi ketika dipasarkan nanti.

Penanggulangan Hama Tanaman Labu Siam
Setelah mengikuti tutorial menanam labu siam diatas jadi tantangan selanjutnya ialah hama pengganggu. Meski termasuk tahan hama, tetapi adanya agresi hama pasti mampu menurunkan nilai serta kuantitas panen labu siam. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengenal tutorial mengatasi hama pada tanaman labu siam.

Jenis – Jenis Hama Labu Siam

Hama pada tanaman labu siam terdiri dari beberapa jenis, pastinya mempunyai tutorial penanggulangan yg berbeda-beda. Berikut artinya tipe – tipe hama tanaman labu siam beserta tutorial menanggulanginya.

Hama Jamur
Hama jamur biasa menyerang tanaman dibagian akar maupun daun. Beberapa hama jamur yg mampu menyerang ialah antraknosa, embun tepung, serta basi daun. Tanaman labu siam sebetulnya cenderung tahan terhadap agresi jamur, tetapi apabila terjadi agresi jadi wajib segera diatasi.

Ciri-ciri tanaman labu siam yg terserang jamur dibagian akarnya ialah tanaman akan layu disiang hari serta kembali segar pada sore harinya. Lama-lama keadaannya terus parah serta akan mati. Jika tersedia gejala ini jadi kocorkan fungisida dibagian akar tanaman labu siam tersebut. Jika yg terserang bagian daun jadi semprot area yg terserang serta juga area sekitarnya untuk mencegah penyebaran jamur.

Hama Serangga
Hama serangga pada tanaman labu siam terdiri dari ulat grayak, lalat buah, belalang, serta uret. Hama tipe serangga ini mampu dikendalikan dengan penggunan insektisida dengan cara semprot. Khusus uret jadi penggunaan insektisida dilakukan dengan tutorial dikocor ke akar.

Hama Bakteri
Serangan hama bakteri patogen biasanya hanya ditemukan pada demam isu hujan dimana kadar kelembaban tinggi. Bakteri akan berkembang dengan cara pesat serta mampu menyerang tanaman dibagian akar serta buah. Gejala tanaman yg terserang hampir mirip dengan serngan jamur tetapi tanaman akan lebih cepat mati. Gunakan bakterisida untuk mengatasi agresi bakteri patogen.

Itulah beberapa hama tanaman labu siam beserta tutorial menanggulanginya. Setelah melewati langka tutorial menanam labu siam serta tutorial perawatan beserta mengatasi hamanya jadi kita mampu memasuki bagian panen labu siam seusai labu siam berumur sekitar 120 hari (4 bulan)

Tips Cara Budidaya Labu Siam Agar Semakin Banyak Produksi Buahnya
Agar terus meningkatkan yg akan terjadi produksi buahnya, saya akan menawarkan beberapa trik menanam labu siam diantaranya iaah sebagai berikut :

  • Gunakan pupuk kotoran kambing sebagai pupuk dasar sebab tingginya kadar unsur hara didalamnya
  • Gunakan NPK 16-16-16 yg kadar nutrisinya lebih keren dari NPK 15-15-5
  • Gunakan ZPT Auxin pada ketika tanaman berumur 2 bulan serta guanaka ZPT GA ketika tanaman mulai berbunga supaya kelak ukuran buahnya jumbo. Ini akan meningkatkan yg akan terjadi panen anda
  • Kurangi pemberian pupuk susulan pada ketika demam isu hujan
  • Semprotkan segera ZPT Auxin seusai tanaman dipanen 2 kali supaya segera berbunga lagi kemudian disusul semprot ZPT GA.

Demikianlah beberapa trik tutorial menanam labu siam dari kami. Semoga mampu meningkatkan pengetahuan kalian terkait budidaya tanaman labu siam. Salam berhasil Budidaya

0 Response to "CARA BUDIDAYA LABU SIAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel