CARA BUDIDAYA TANAMAN OKRA DAN MANFAAT NYA


Bagi sebagian orang-orang Okra merupakan nama yg asing. Tidak hanya asing, bentuknya yg aneh dan juga sifatnya yg berlendir menjadikan Okra dikenal sebagai tanaman yg menjijikan bagi mereka. Namun mesikipun semacam itu, Okra merupakan tanaman yg kaya manfaat. Terlebih, tutorial menanam Okra yg mudah dan minim perawatan menjadikan Okra salah satu tanaman yg tak sedikit dibudidaya.

Okra dikenal yg juga dengan nama Bendi alias Abelmoschus Esculentus Moench merupakan tanaman berbunga yg masuk kedalam suku Malvaceae. Buah Okra tergolong unik sebab berbentuk memanjang dan runcing pada tahap ujungnya. Sekilas penampilannya mirip dengan cabai hijau hanya saja buah Okra dikelilingi oleh bulu-bulu halus disekitar permukaannya.

Manfaat Okra
Biasanya buah Okra ini diolah menjadi berbagai kuliner seperti: oseng-oseng, kari, balado, tumis, campuran untuk salad, bahkan juga mampu dimakan mentah. Dan semacam telah disinggung diawal, berikut merupakan berbagai fungsi dari tanaman Okra:

  • Melancarkan sistem pencernaan dan menyembuhkan sembelit,
  • Bersifat menenangkan. Itulah kenapa segala macam rasa pusing, cemas, dan stress akan hilang seusai mengonsumsi buah Okra.
  • Mengurangi rasa lesu, tak nyaman, dan letih,
  • Mengatasi ambeien alias wasir,
  • Meringankan sakit kerongkongan alias tenggorokan,
  • Meningkatkan daya ingat dan daya pikir otak,
  • Menjaga kesehatan otot dan sistem syaraf,
  • Menetralkan asam lambung,
  • Mampu memulihkan stamina dan tenaga,
  • dll

Beberapa fungsi diatas mampu didapatkan apabila kalian dengan cara selalu mengkonsumsi buah Okra. Dan banyaknya fungsi yg mampu didapatkan diatas dikarenakan sebab buah Okra mempunyai tak sedikit kandungan positif yg bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan positif tersebut adalah:

  • Vitamin A, C, E, dan juga K,
  • Seng,
  • Potassium,
  • Selenium,
  • Fosfor,
  • Gula,
  • Karbohidrat,
  • Lemak,
  • Kolesterol,
  • Sodium,
  • Magnesium,
  • Dll

Jika kalian mulai berminat untuk mencoba menanam Okra, tutorial menanam Okra benar-benar mudah dan mampu dilakukan kapan saja. Terlebih sebab tanaman Okra tergolong tanaman tropis yg tepat untuk iklim Indonesia. Dan berikut merupakan tutorial menanam Okra yg mampu kalian coba:

1. Persiapan Benih Okra
Tanaman Okra merupakan salah satu tipe tanaman yg diperbanyak dengan tutorial biji, Untuk memperoleh biji ini, ada dua tutorial yg mampu kalian lakukan. Pertama, kalian mampu membelinya di toko pertanian. Dan yg kedua, kalian mampu membuatnya sendiri dengan bantuan tanaman Okra yg telah tua.

Untuk tutorial kedua yg wajib kalian perbuat merupakan mencari tanaman Okra yg telah berbuah. Biji Okra didapatkan dari buah Okra yg telah tua dan warnanya telah menghitam. Namun apabila kalian ingin memperoleh biji dengan tutorial ini yg wajib kalian perhatikan diawal merupakan nilai pohon Okra yg akan kalian ambil bijinya. Pastikan pohon tersebut berbuntut lebat dan sehat.

2. Penyemaian Benih Okra
Benih Okra yg telah kalian dapatkan sebetulnya mampu eksklusif ditanam di lahan alias juga mampu ditanam melewati proses penyemaian terlebih dahulu. Jika kalian ingin menanamnya dengan cara eksklusif dilahan, kalian wajib memastikan terlebih dahulu bahwa lahan yg kalian miliki telah siap tanam. Namun apabila lahan yg akan dijadikan tempat menanam Okra belum siap, kalian mampu menyemai benih terlebih dahulu.

Sebelum kalian mengawali proses penyemaian, faktor yg wajib kalian persiapkan merupakan polybag, tanah gembur, pupuk sangkar sebagai pupuk dasar, dan juga air. Sama semacam proses menyemai tanaman lainnya, polybag diisi oleh media tanam yg merupakan campuran dari tanah dan pupuk sangkar dengan rasio 2:1. Setelah diisi oleh media tanam, satu polybag mampu diisi dengan 2 benih Okra dan disiram dua kali dalam sehari. Setelah tinggi tanaman Okra mencapai 15-20cm, bibit tanaman Okra mampu dipindahkan ke lahan tanam yg lebih luas.

3. Persiapan Lahan Menanam Okra
Ada berbagai persiapan yg wajib kalian siapkan pada lahan yg akan kalian tanami tanaman Okra. Persiapan tersebut adalah:

Seperti telah disinggung, tanaman Okra merupakan tanaman yg tepat untuk kawasan dengan cuaca tropis semacam Indonesia. Karena itulah tanaman Okra mampu ditanam di kawasan dataran rendah, dataran sedang, ataupun dataran tinggi. Hanya saja yg butuh diperhatikan merupakan curah hujan. Tanaman Okra merupakan tanaman yg menghendaki curah hujan sedang.

Lahan yg akan ditanami tanaman Okra haruslah mempunyai tanah yg gembur. Jadi apabila lahan kalian tetap berupa tanah yg keras, kalian wajib membajak alias mencangkulnya terlebih dahulu untuk memperoleh tanah yg gembur.

Bersihkan lahan yg akan ditanami tanaman Okra dari gulma, tanaman liar, juga dari batu-batu besar.
Pembuatan bedengan yg bertujuan sebagai media tanam tanaman Okra. Ukuran bedengan yg biasa dipakai untuk menanam tanaman Okra mempunyai lebar 90cm hingga dengan 100cm setinggi maksimal 30cm dan panjang bedeng diubahsuaikan dengan lahan.

Usahakan lahan yg akan dijadikan area tanam tak dekat dengan pohon besar alias bangunan besar lainnya yg mampu menghalangi masuknya sinar matahari sebab lahan alias menyinari tanaman Okra anda. Hal ini sebab tanaman Okra tergolong tanaman yg memperlukan sinar matahari yg lumayan tak sedikit untuk mampu tumbuh.

4. Penanaman Okra
Seperti yg telah disinggung diawal, benih tanaman Okra mampu ditanam eksklusif di lahan tanam. Setelah proses pembuatan bedeng selesai. Cara menanam okra yg dilakukan biasanya memakai proses tugal dengan kedalaman berbagai cm saja. Satu celah tugal mampu diisi 2 hingga dengan 3 benih Okra dan ditutup dengan tanah. Namun faktor yg wajib diperhatikan merupakan pemberian pupuk dasar yg diberikan pada setiap celah tugal sebelum diisi benih.

Jika kalian memakai proses penyemaian, kalian wajib membikin celah yg lebih besar sesuai dengan besar polybag yg dipakai untuk menyemai. Yang wajib kalian siapkan sebelum proses menanam ini merupakan merobek plastik polybag  tanpa bentuk tekstur tanah. Setelah itu masukan benih semaian tersebut kedalam celah yangsudah dibangun di bedeng dan timbun dengan tanah tipis.

5. Perawatan
Dalam proses perawatan, ada berbagai tipe perawatan yg mampu kalian perbuat untuk menjaga kesehatan tanaman Okra anda. Perawatan-perawatan tersebut merupakan penyiraman, pemberian pupuk, dan pengendalian hama.

6. Penyiraman
Tanaman Okra tergolong tanaman yg hanya mampu tumbuh dengan maksimal apabila kebutuhan airnya tercukupi. Penyiraman untuk tanaman Okra mampu dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menjaga kelembapan tanah. Namun apabila hari tersebut hujan, penyiraman mampu ditunda hingga keesokan harinya.

7. Pengendalian Hama Tanaman Okra
Salah satu kelebihan tanaman Okra dibanding tanaman yg lain merupakan pada daya tahan. Tanaman Okra dikenal sebagai tanaman yg tahan akan agresi hama. Namun mesikipun semacam itu, bukan berarti tanaman Okra tak mempunyai hama pengganggu lainnya. Hama penggaggu yg biasanya tak jarang dijumpai pada tanaman Okra merupakan kutu basi alias ulat jagung.

Langkah untuk mensiasati pengendalian hama ini mampu dilakukan dengan manual. Yaitu dengan tutorial mengambil kutu-kutu tersebut dan menyingkirkannya alias menyemprot tanaman dengan larutan sabun. Langkah ini bertujuan untuk mengendalikan populasi kutu basi ditanaman Okra. Karena apabila dibiarkan, telah tentu kutu basi ini akan terus tak sedikit jumlahnya. Salah satu tanda tanaman Okra yg terserang hama ini merupakan dengan adanya lubang-lubang pada tahap daun.

8. Pupuk Susulan
Tanaman Okra tergolong tipe tanaman yg memperlukan tak sedikit nutrisi untuk tumbuh dengan cara optimal. Setelah pupuk dasar diberikan, pemberian pupuk selanjutnya dilakukan pada ketika seusai buah pertama tumbuh dan pada ketika pertengahan ekspresi dominan tanam.

Untuk tipe pupuk yg diberikan sebagai pupuk susulan, kalian mampu memberikannya pupuk kompos. Pemberian nutrisi juga diharapkan tetapi jangan berlebihan. Pemberian nutrisi yg berlebihan justeru akan mengganggu pertumbuhan tanaman Okra.

9. Penyiangan
Penyiangan merupakan salah satu tehnik perawatan yg paling dasar dan paling umum. Penyiangan disini maksudnya merupakan mencabut dan menyingkirkan gulma dan tanaman liar yg ada disekitar tanaman Okra anda. Hal ini dimaksudkan sebab gulma terkadang menjadi salah satu tempat favorit bagi penyakit dan hama bersembunyi.

10. Masa Panen Okra
Jika pada tanaman buah yg lain buah hanya mampu dipanen ketika telah masuk masa tua dan matang, buah Okra hanya mampu dipanen ketika buah tetap dalam kondisi muda. Ukuran buah Okra yg terbaik untuk dipanen merupakan pada ketika buah berkapasitas 5-7cm. Lewat dari ukuran tersebut, buah akan terasa pahit dan keras ketika di kunyah. Namun mesikipun semacam itu, sekali tanaman Okra memasuki masa panen, kalian mampu memanen buah Okra 2-3 kali sehari selagi berbagai bulan. Dan apabila perawatan tanaman Okra maksimal, tanaman Okra dipastikan akan menunjukkan akibat yg maksimal pula.

Lihat juga panduan lengkap tutorial menanam okra di bawah ini:

Itulah tutorial mananam Okra yg mampu kalian mulai coba besok pagi. Semoga bermanfaat. Selamat Bercocok Tanam!

0 Response to "CARA BUDIDAYA TANAMAN OKRA DAN MANFAAT NYA "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel